Angklung Joko, Motivasi dengan Angklung

Friday, March 22, 2013




Angklung, pastilah bukan intrumen musik yang asing bagi rakyat Indonesia, termasuk juga bagi warga dunia. Sejak 2010 lalu, Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia dari UNESCO. Berbanggalah kita sebagai bagian dari Indonesia atas hal tersebut. Alat musik multitonal / bernada ganda ini, terbuat dari bambu, memainkannya dengan cara digoyangkan, karena suara yang dihasilkan disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. 

Tapi, tahukah anda, kalau Angklung pun dapat digunakan sebagai media untuk memotivasi ? Nilai - nilai motivasi digabungkan dengan inti dari keindahan harmoni yang dihasilkan ketika bermain Angklung. Ketika bermain Angklung sendirian, pastilah tidak akan menjadi sesuatu, tapi, ketika kita bermain bersama, berkolaborasi dengan satu hati, maka keindahan harmoni dari bermain Angklung akan dapat tercipta. 

Inilah yang dilakukan oleh Joko Nugroho, akrab disapa Pak Joko untuk memotivasi dan mengajak kita untuk lebih mencintai tradisi dan budaya Indonesia. Formatnya, bisa kita sebut dengan Angklung Interaktif, dimana Pak Joko akan memposisikan diri sebagai konduktor dan motivator, namun, memotivasi melalui perkataan tidak banyak ia lakukan, hanya sebagai pengantar, karena esensi dari nilai - nilai motivasi itu sendiri, justru terletak pada audiences yang berpartisipasi dalam permainan Angklung tadi melalui isyarat tangan yang ia berikan sebagai panduan. 

Nggak kebayang, kalau kita yang selama ini belum pernah bermain Angklung, bahkan belum pernah memegang sekalipun, ternyata, ketika dikolaborasikan bersama - sama dengan teman - teman kita saat bermain Angklung, kita bisa lho memainkan lagu - lagu yang sulit, bukan cuma lagu - lagu yang populer, bahkan lagu - lagu yang sebelumnya kita belum pernah dengar, juga, bisa bermain Angklung sambil bernyanyi bersama. Seperti apa yang ditampilkan Angklung Joko dalam sesi motivasi-nya dapat anda perjelas dengan menghubungi kami di 021-68329390 / 087772467968. 

0 comments:

Post a Comment